Puisi Presiden Juga Manusia

Puisi untuk presiden. Ya sekedar mewakili suara rakyak kecil, karena
saya juga rakyat kecil, yang semakin mungil diterpa arus globalisasi
yang tak saya mengerti. Karena saya hanya orang kecil yang hanya bisa
berpuisi. Selamat membaca.

Den..
Aku tahu kau manusia
Bukan malaikat apalagi seperti sang pecipta

Aku tahu kau manusia
Yang tak luput dari salah dan dosa

Den...
Bumi Indonesia ini ratusan hektar luasnya
Ratusan kilo mil lautannya
Tapi mengapa rakyatnya masih banyak yang tak punya tanah dan rumah
Seperti aku ini den...
Dari lahir hingga sekarang tak punya apa
Jangankan tanah den...
Rumah aja ngontrak den..

Den...
Coba kalau setiap rakyat Indonesia diberi 1 petak saja
Untuk singgasana
Tentu tak akan ada lagi gelandangan

Den...
Rakyat Indonesia ini 200 juta lebih banyaknya
Kenapa tak kau manfaatkan keberadaanya
1 orang kau tugasi ngurusi 1 hektar wilayah
Untuk membudidayakan dan mengembangkan
Tentu kau tak perlu pusing sendiri mengurusnya
Tentu Indonesia akan semakin kaya raya
Dan semakin gemah ripah

Den.. Presiden..
Aku tahu kau manusia seperti aku
Maka bersikaplah seperti manusia
Berakal dan bermoral
Beradab dan bersosial
Jangan wal geduwal
Semua diuntal

Den...
Ku harap kau mengerti maksudku den..
Den.. Presiden..
Wallahu a'lam den..

Oleh: Rochmatul Hidayah
Advertisement