Bisnis Investasi

Cara Menulis Puisi Yang Gampang Terkenal

Saat ini hampir bisa di bilang Tidak ada aturan khusus dalam menulis sesuatu termasuk menulis puisi . Entah ini termasuk kemajuan atau kemunduran , masalahnya di jaman sekarang ini banyak sekali tempat menulis baik secara online atau offline . Bahkan bisa di bilang saat ini orang cenderung komunikasi dengan tulisan dari pada dengan lisan . Mari kita lihat fakta berikut ini .
1. Orang lebih suka ngobrol lewat sms dari pada telpon .
2. Orang lebih suka menyampaikan pikiran lewat status sosmed daripada ngobrol bareng teman teman secara nyata .
3. Orang lebih suka chatingan di kamar dari pada kumpul teman nyata di luar .

Entah negatif atau positif perubahan sosial saat ini , yang pasti saya pribadi berfikir bagaimana kemajuan teknologi ini bisa bermanfaat untuk saya pribadi , baik secara mental , finansial dan intlektual . Dan sedikit banya saya telah mendapatkanya , dari blog puisina ini . Walau bukan satu satunya hal besar yang ada sekarang , tapi tak ada salahnya jika saya berbagi tips ini . Intinya manfaatkan kebiasaan menulis ini untuk menopang kebutuhan pribadi tanpa merusak hubungan sosial , salah satunya dengan puisi . Jika tidak mampu membuat puisi , nah berikut ini tipsnya .

1. Apa itu puisi ?
Di pelajaran sekolah sd pertanyaan ini sudah sering muncul , tapi saya tidak akan menjawabnya atas dasar mata pelajaran , tapi atas dasar opini pribadi , boleh di gunakan boleh tidak . Puisi adalah rangkaian kata baik berupa tulisan atau ucapan yang di buat sedemikian rupa oleh pelakunya dan ada niatan membuat puisi . itu puisi menurut saya , intinya pada niatan pada saat merangkai kata .

2. Bagaimana Cara Menulis Puisi ?
Menulis puisi itu mudah jika kita tahu difinisi puisi itu sendiri . Jika kamu menggunakan kepahaman puisi yang saya sampaikan di atas , maka menulis puisi itu sangat mudah , karena dasarnya hanya pada niatan menulis puisi . misalnya gini. aku mau membuat puisi cinta . lalu aku merangkai kata secara spontan begini :
Cinta oh cinta...
Tidak terlihat mata namun terasa
Semakin aku pikir semakin aku bingung
Semakin aku tinggalkan semakin dapat aku rasakan .
Cinta Oh cinta 
Nah beberapa kalimat di atas menurutku sudah jadi puisi . Karena ada niatan menulis puisi .

3.Bagaimana Menilai Baik Buruk Puisi ?
Baik buruk puisi di nilai dari apa yang di tulis dan bagaimana menulisanya serta kata yang di pilih dan Puisi yang paling banyak memakili suara orang . Jadi poin pentingnya , apakah puisi anda itu baik atau buruk , silahkan di cek apakah puisi kamu sudah mewakili perasaan banyak orang , jika mewakili perasaan banyak orang maka bagus jika tidak iya berarti puisi itu hanya baik untuk dirimu sendiri .

Demikian Langkah dasar membuat puisi yang sederhana dan bisa di praktekan oleh siapa saja , topik selanjutnya akan kita bahas tentang bagaimana memilih kata , memilih topik dan lain sebagainya , dan bagaimana membuat puisi sederhana yang indah dan mengena di hati .
Advertisement