Bisnis Investasi

PUISI SIAPAKAH AKU " Penemuan Jati Diri "

Berikut ini ada sebuah puisi sederhana untuk menemukan siapa sebenarnya jati diri kita , walau bukan satu-satunya cara untuk di gunakan , juga bukan satu-satunya cara yang mutlak bisa mengenal jati diri . Tapi saya pikir tidak ada salahnya jika puisi ini di baca , walau bukan solusi namun setidaknya bisa jadi sumber inspirasi untuk menemukan titik awal jadi diri kita .

Pejalanan panjang dan masih panjang
Berliku naik gunung turun jurang
Sekilas Lelah , Jenuh dan menakutkan
Namun semua harus di jalani , walau tak mengerti .

Untuk apa dan mengapa harus terjadi
Berawal dari ketiadaan , menjadi ada kemudian sirna.
Dari mana aku, sebelum terlahir di dunia
Mengapa aku jadi manusia , jika lainya ada .

Jutaan tanya terus berkecamuk
Kenapa ada rasa takut, sedih,gembira, kawatir dan ceria
Entahlah... walau diam bukan jawaban
Tapi sementara hanya ini yang bisa aku lakukan .

Di bawah langit, di atas bumi teriringi matahari di hiasi bintang.
Ada udara, air,api, tumbuhan,hewan untuk aku gunakan .
Tapi aku manusia modern , bukan tarzan
Aku hidup di peradaban manusia yang beragama,berilmu.
Kenapa aku bingung...mengapa aku sedih...

Tidak...
Harusnya aku tidak sedih...
Harusnya aku bahagia , ceria dan sejahtera
Bukan mengeluh dan merasa teraniaya .

Bagaimanapun aku di wujudkan sebagai manusia
Aku punya sebuah negara bernama indonesia
Aku juga punya agama
Aku juga punya budaya
Aku punya saudara
Dan aku punya masa depan.

Apalagi yang aku permasalahkan .
Harusnya aku senang...
Di negara yang menjamin keamanan rakyatnya
Punya agama yang memberi petunjuk pemeluknya
Punya budaya yang indah
Punya saudara yang damai

Yah... harusnya aku bahagia bukan merana .
Kecuali kesombonganku , kecongkakanku keserakahanku .
Hingga aku lupa diri ini siapa .
Hingga prilaku sok paling hak, sok paling oke , sok paling Yes..
Menjadikan hatiku keras, dan menjadikanku manusia kepala batu .

Cukuplah bagiku bercermin dengan diriku .
Siapa orang tuaku , dan jika mungkin akan aku kenal siapa eyangku , jika di perlukan .
Apa latar belakang mereka, pendidikan,agama, budaya dan status sosialnya .
Supaya aku sadar posisi, tahu diri serta tahu seberapa kuat kemampuan yang aku miliki .
Baik finansial,mental,intlektual dan status sosial

Agar aku tidak brutal saat gagal
Agar aku tetap semangat walau permasalahanya berat
Terakhir agar aku tetap bersyukur walau tersungkur .
Karena aku sadar , bahwa aku sedang belajar .
Menilai segala sesuatu yang wajar secara wajar, atas dasar kewajaran, untuk hal yang wajar .
Advertisement