Puisi Aku Malu jadi Orang Indonesia Edisi "Aku bukan Naruto"


"Malu aku jadi orang Indonesia" adalah puisi karya Taufiq Ismail yang menceritakan rasa malu seseorang melihat negerinya tertinggal dari negara lain. Rasa malu ini muncul seiring fakta orang luar negeri banyak yang menghargai Indonesia terutama sejarah kemerdekaannya dan mereka bisa terkenal karenanya. Fakta ini berbanding terbalik dengan keadaan kebanyakan orang Indonesia yang masih mencari popularitas dengan mengadopsi budaya lain tapi melupakan sejarah negeri sendiri. Berikut bagian pertama puisi karangan Taufiq Ismail +Taufiq Aribowo +Ilham Taufiq Mulyadi +Taufiq Hasan yang gundah hatinya saat Si Unyil dan Usro kalah peminat di negeri sendiri, kalah dengan manga Naruto karya Mashasi Kishimoto .   

Puisi Aku Malu jadi Indonesia Edisi "Aku bukan Naruto"

Puisi Aku Malu jadi Orang Indonesia Edisi "Aku bukan Naruto"
Ketika di Pekalongan, SMA kelas tiga
Ke Wisconsin aku dapat beasiswa
Sembilan belas lima enam itulah tahunnya
Aku gembira jadi anak revolusi Indonesia

Negeriku baru enam tahun terhormat diakui dunia
Terasa hebat merebut merdeka dari belanda
Sahabatku sekelas, Thomas Stone namanya
Whitefish Bay kampung asalnya

Kagum dia pada revolusi Indonesia
Dia mengarang tentang pertempuran Surabaya
Jelas bung Tomo sebagai tokoh utama
Dan kecil-kecilan aku nara sumbernya
Dadaku busung jadi anak Indonesia

Tom Stone akhirnya masuk West Point Academy
Dan mendapat Ph.D. dari Rice University
Dia sudah pensiun perwira tinggi dari U.S. Army
Dulu dadaku tegap bila aku berdiri
Mengapa sering benar aku merunduk kini  

Advertisement