Aku Bukan Apa-apa, Tapi Aku Ada

Puisi muhasabah, kerendahan hati, ketidak-berdayaan diri, selaku
manusia yang hanya susunan tulang yang dibalut daging.

Aku Bukan Apa-apa, Tapi Aku Ada

Biru jiwaku
Tak sebiru langit yang cerah
Segar menghambar

Putih hatiku
Tak seputih kilauan awan yang diterpa sinar mentari
Bersih tanpa noda

Bebas pemikiranku
Tak sebebas burung walet yang terbang kesana kemari
Di antara langit dan bumi

Kencang semangatku
Tak sekencang hembusan angin
Yang mendorong awan
Dan bertiup menyusup jendela kamar
Sejuk menerpa kelambu

Hijau perangaiku
Tak sehijau saputan warna daun singkong
Yang melambai sepoi

Lantang suaraku
Tak selantang kokokan ayam jago
Disiang maupun malam

Kini teranglah
Aku sangat kecil diantara hamparan dataran bumi
Tak berdaya
Tak kuasa apa-apa
Karena aku bukan apa-apa
Tetapi aku ada
Sebagai hamba yang penuh dengan khilaf dan dosa

Oleh: Rochmatul Hidayah
Advertisement